Halaman

SELAMAT DATANG

Sabtu, 23 Februari 2013

SISTEM PENGAPIAN PADA MOBIL

SISTEM PENGAPIAN PADA MOBIL

Pada umumnya terdapat beberapa Sistem Pengapian diantaranya adalah :
1. SISTEM PENGAPIAN KONVENSIONAL
2. SISTEM PENGAPIAN ELEKTRONIK

SISTEM PENGAPIAN KONVENSIONAL
FUNGSI
Untuk memantikan bunga api pada busi ketika piston mencapai Titik Mati Atas


KOMPONEN UTAMA
1. BATERAI
2. KUNCI KONTAK
3. KOIL PENGAPIAN
4. KONDENSOR
5. DISTRIBUTOR
7. BUSI






FUNGSI KOMPONEN UTAMA SISTEM PENGAPIAN
1. BATERAI
    Untuk menyimpan arus litrik DC
2. KUNCI KONTAK
    Untuk memutus dan menghubungkan arus litrik di dalam rangkaian
3. KOIL PENGAPIAN
    Untuk merubah arus listrik 12 V menjadi 20.000 V - 22.000 V
4. KONDENSOR
    Untuk menyimpan arus litrik sementara
5. DISTRIBUTOR
    Untuk memutus dan menghubungkan arus sekaligus mendistribusikannya ke seluruh busi
6. BUSI
    Untuk memantik bahan bakar didalam silinder


KOMPONEN UTAMA SISTEM PENGAPIAN
1. BATERAI 
    Sebagai penyedia atau sumber arus listrik

 










2. KUNCI KONTAK
    Menghubungkan dan memutuskan arus listrik dari baterai ke sirkuit primer
 







3.  KOIL
  Mentransformasikan tegangan baterai menjadi tegangan tinggi(5000 – 25000 Volt)



4. KONTAK PEMUTUS (PLATINA)
Menghubungkan dan memutuskan arus primer agar terjadi induksitegangan tinggi pada sirkuit sekunder sistem pengapian


5. KONDENSATOR
   Mempercepat pemutusan arus primer sehingga teganganinduksi yang timbul pada sirkuit sekunder tinggi

 

6. DISTRIBUTOR

 Membagi dan menyalurkan arus tegangan tinggi ke setiap busisesuai dengan urutan pengapian

7. BUSI
Meloncatkan bunga api listrik diantara kedua elektroda busi didalam ruang bakar, sehingga pembakaran dapat dimulai